Writing Blog Tips #3: Pahami Karakteristik Penulisan Blog


Sudah berapa lamakah kamu aktif di dunia blog? Apakah selama ini para pembaca menyukai tulisanmu? Bila beberapa di antaranya tidak, coba periksa ulang. Barangkali tulisanmu masih belum sesuai dengan karakteristik penulisan blog. Mungkin, sebagian blogger berpendapat format penulisan blog tidak memengaruhi pembaca. Namun ada baiknya untuk mulai memperhatikan yang satu ini, karena berkaitan dengan kenyamanan para pembaca blogmu.

Ada yang bilang, blog itu fungsinya sebagai digital diary. Tidak salah memang, tapi bukan berarti kamu menuliskannya dengan format pure seperti mengisi diary. “Dear diary… hari ini aku bla bla bla. Terus gak nyangka aku bisa ketemu si dia bla bla bla” Tentu kurang menarik, kan? Kalau kamu menginginkan lebih banyak pembaca betah mampir di blogmu, yuk mulai pahami karakteristik penulisan blog!



Relatif lebih ringan dan bergaya ala percakapan. Seperti sedang berbicara dengan teman baik.
Seorang blogger pasti harus pandai-pandai mendekatkan diri dengan para pembaca melalui tulisannya. Anggaplah kalian menulis bak sedang bercerita dengan seseorang atau bahkan teman dekat, meski kamu pesimis apakah bakal ada yang membaca tulisanmu. Yang terpenting, dengan cara tersebut akan memberi kesan hangat pada tulisan dan orang yang membaca seolah mendengarkan kisah dari orang yang dikenalnya.

Pendek dan to the point
Sadarkah kamu bahwa rata-rata tulisan di blog setiap paragrafnya tidak lebih dari 6 baris? Ya, pembaca blog tidak suka tulisan yang bertele-tele dalam satu paragraf karena hal itu akan mudah membuat mata mereka lelah.

Dapat dibaca cepat
Semua pembaca digital pastilah membaca dengan sistem skipping. Membaca cepat atau bahkan meloncat-loncat. Itulah sebabnya kamu lebih baik menuliskan hal secara to the point agar pembaca mudah menangkap apa yang sedang kamu bahas. Oya, jangan lupa ide pokok dari isi artikel harus ada dalam headline atau judul blogpost untuk menarik pembaca.

Dukungan gambar sangat penting
Tentu saja tambahan grafis akan membuat tulisanmu jadi sedikit lebih menarik. Pilih gambar yang relevan dengan topik dan isi tulisan. Maksimalkan juga penggunaan format bold, italic, dan lainnya.

Mempertimbangkan SEO (Search Engine Optimization)
Berharap banget bakal banyak orang nyasar di blog kamu? Manfaatin dong kemampuan mesin pencari ato search engine semacam mbah Google dan lain-lain. Salah satu triknya adalah pakai keyword dalam judul blog post. Ssst… dapet bocoran juga sih, selain itu jangan lupa selipkan judul blogpost dalam tulisan kamu di awal, tengah dan akhir postingan.

Beri sentuhan personal
Nah, inilah yang membedakanmu dengan artikel biasa. Yang membedakan blog dengan situs berita. Beberapa orang lebih senang membaca blog karena merasa lebih mudah memahami tulisan dengan bahasa yang ringan.

Sekarang sudah paham kan dengan karakteristik penulisan blog? Sebenarnya tidak ada aturan khusus sih dalam teknik penulisan, tapi di sini aku hanya mau berbagi kiat. Yuk praktekkan, siapa tahu pembaca tetapmu semakin bertambah. Nantikan Tuesday Tips selanjutnya, ya!

*dikutip dari buku Creative Blog Writing by Ollie, dengan pengubahan seperlunya

Komentar

  1. Tips yang bermanfaat, segera di praktekin

    salam kenal :)

    BalasHapus
  2. Bermanfaat bgt tipsnya, thanks for sharing ya Hildaa :)

    BalasHapus
  3. Sebelumnya aku jarang banget pasang gambar di postingan blogku. Tapi, belakangan ini aku mulai membiasakan diri pakai gambar. Bagiku sendiri efeknya lebih menyenangkan tulisan pakai gambar sih ketimbang hanya tulisan tok. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi bener banget tuh.. malahan dengan gambar tanpa sadar kita udah nambahin segi artistiknya gitu, dan memancing orang buat tertarik baca tulisan kita ^^

      Hapus
  4. yg susah tuh kl saya dg gaya bahasa lincah sehari-hari. soalnya saya ini orangnya sehari-harinya ya nggak lincah2 gitu. ya kadang bisa jg kl tulisannya ttg hal2 lucu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, intinya tetep jadi diri sendiri aja. Jadi orang lain itu udah susah, gak enak pula :D

      Hapus
  5. kalau postingan di blog tanpa gambar, berasa sayur tanpa garam, hampa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuhuuu, rasanya jadi kayak baca iklan baris :D

      Hapus
  6. saya janji setelah membca 3 tips memahami konten dari sini tiap kali posting mau di pake nih.
    kalau lupa saya bakalan balik lagi ke sini deh.
    makasih yea

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mang. Terapkan isi dan konten yang berkualitas! :)

      Hapus
  7. Halo, Hilda. Salam kenal. Kayaknya aku baru pertama kali ke sini. Suka sama kombinasi warna di blogmu. Happy blogging. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mbak Haya.. terima kasih banyak sudah mampir ke sini.
      Hihi jadi malu. ^^ Happy blogging juga. :)

      Hapus
  8. tipsnya bagus.. Semoga saya juga bisa ikut praktekin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksih...
      Postingan di blognya Chi udah bagus kok :D

      Hapus
  9. Masuk blog ini seperti kembali bersemangat dengan warna-warni ceria remaja. Oke bisa hubungi saya ya, non... Happy ngeblog selalu ya'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, saya kan masih muda hihi. Happy ngeblog juga ^^

      Hapus
  10. Tapi biasanya yang menilai orang lain, jadi kalo aku yang nilai sendiri, kayaknya kurang pas deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh kok minta pendapat orang lain untuk mengomentari blogmu :))

      Hapus
  11. Bener juga, kita harus ada motivasi dalam menulis.

    Nah, makanya itu saya jadi penasaran artikel-artikel blog saya pengen banget dikomentari ama mbak.

    Ditunggu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip.

      Wah, boleh. Tunggu saat aku udah senggang ya ;)

      Hapus
  12. makasih tipnya kak, kurang paham tapi sama SEO, yang penting konsisten nulis aja hehe

    BalasHapus
  13. ternyata di blog ini selain tampilannya menarik, tip-tip ngeblog juga banyak ya.

    BalasHapus
  14. Tipsnya sangat bermanfaat, semoga bisa mempraktekkan>. Makasih Hilda :)

    BalasHapus
  15. Keren postingannya Mbak :) Salah satu point nya cucok banget banget deh, saya kurang enjoy kalau menulis panjang-panjang. Trmks impoh nya ya, khususnya yg pakek Sssst...itu tuh! *Semangat berbagi terus ya Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, tulisnya standard aja. Panjang dan padat, tapi gak kepanjangan :))

      Hapus
  16. Agree!
    Dan Alhamdulilah akupun udah menerapkan hampir sebagian besar tips ini. Dan alhamdulillah juga memang terbukti ada hasilnya ^^

    Tapi yang SEO aku belum terlalu menerapkan sih. Banyak nggak ngerti nya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, sama Kak! Aku juga udah nerapin kecuali yang SEO soalnya gagal paham juga. :3
      Alhamdulillah terbukti juga ^^

      Hapus
  17. sangat menarik dan inspiratif mak...sukses selalu alias gut lak...

    BalasHapus
  18. menarik sekali membaca blog ini.. tulisannya renyah dan enak dibaca... aku salut...
    tentu, ini masukan yang sangat mahal bagi saya... "menulis blog perlu sentuhan personal agar sampai dari hati ke hati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas. Itulah yang membedakan blog dengan portal berita. Makanya menulis blog dibutuhkan sentuhan personal :)

      Hapus
  19. Karakter penulisan blog jadi ingin saya tulis ulang dijadikan artikel lagi boleh enggak mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh saja mas. Asal menyertakan sumber dan link hidup ke artikel ini dalam tulisan :)

      Hapus
  20. Karakter yah,. ? menurut gue sih nulis yah nulis aja, semakin banyak aturan ,menulis, semakin tidak menjadi diri sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah, sebenernya aturannya gak banyak kok. Hanya ada rambu2 tertentu yang berguna menjadikan blogger lebih berkarakter ;)

      Hapus
  21. makasih infonya mbakk.. sukses terus buat mbaknya..

    BalasHapus
  22. kalo untuk pemula lebih baik tulis aja semampunya, dan rajin blogwalking untuk menambah wawasan, lama-kelamaan insya allah tau sendiri dari tulisan blogger lain :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas, itu termasuk kategori latihan. Namun wawasan penulisan juga perlu ditambah biar bisa leveled up :)

      Hapus
  23. Hihihi, aku gak pernah perhatiin ini. Selama ini rasanya "asal" menulis (bukan asal-asalan tapi, ya, hihihi). Menarik juga tipsnya, kapan-kapan boleh dicoba. Thanks for sharing :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak Indi, setelah dicoba siapa tau tulisannya makin menarik. Met mencoba! ^^

      Hapus
  24. selama ini cuam nulis, nulis dan nulis aja, sama sekali enggak mmerhatiin SEO. makasih ya tipsnya, pas nih bust blogger newbie kayak gw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, praktekin aja trik SEO yang mudah-mudah. Semoga bisa membantu :))

      Hapus
  25. udah lama nggak buka blog, ternyata mbak ikka ngeblog juga ya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku masih aktif ngeblog mbak :D tapi lebih ngeksis di blog satunya, CokelatGosong.blogspot.com

      Hapus
  26. Mantap mbak. Semua poin yang di sampaikan sudah mencakup seluruh aspek penulisan yang baik untuk ngeblog. Terutama untuk blog pribadi ya. Kalau untuk blog yang menyasar kelompok audience tertentu, kayaknya gaya penulisannya mesti disesuaikan dengan audiencenya ya. Good writing mbak. Salam sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, dengan begitu audience akan merasa akrab dengan si penulis dan apa yang dibahas jadi mudah merasuk begitu istilanya. Keep writing ya, salam sukses juga ^^

      Hapus
  27. Mempertimbangkan SEO ini yang agak susah, Hilda. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walah, mbak Isnuansa yang blogger senior ini masa masih riweuh sama trik SEO? :p

      Hapus
  28. Saya tertarik banged dengan tips tipsnya Alhamdulillah semua sudah saya jalankan Salah satu poin yang sudah saya jalankan adalah pemanfaatkan gambar atau foto. Saya punya prinsip sedapat mungkin gambar atau foto yang dipasang dalam artikel sesuai dengan artike yang saya tulis, dan gambar (foto) itu hasil jepretan kamera sendiri. Makanya saya kasih water mark nama blog saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hebat Mas Asep! Makanya blognya sudah melambung tinggi :D

      Hapus
  29. Menyenangkan karena bisa menikmati banyak hal saat membaca setiap rulisan diblog. Setip blog pasti punya manfaatnya masing masing

    BalasHapus
  30. Dija kalo posting gak mempertimbangkan SEO sama sekali Tante...
    Dija masih belom ngerti SEO itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gapapa Dija.. yang penting bisa mempraktekkan kiat-kiat yang lain :)

      Hapus
  31. Insyaallah saya sudah menerapkan beberapa tips yang telah disampaikan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah... semoga blognya berkembang pesat yah.

      Hapus
  32. mempertimbangkan SEO ini yang masih di pelajari terus aku ini kak.

    BalasHapus
  33. uhhh bermanfaat banget mbak makasih banyak yah mbak sudah menolong mantap ini..jadi banyak belajar hehe josh dah ^-^.

    BalasHapus
  34. Asli bermanfaat banget, buat perbaikan tulisan di blog nih, makasih banyaaak yah tipsnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Ranii... Nanti mampir ya kalo aku bikin tips terbaru! :))

      Hapus
  35. akuu masih pemulaa.. tfs yaaa kakak hilda :*

    BalasHapus
  36. Pernah main ke blog saya kan mbak Hilda? Pendapatnya gimana, sudah sesuai nggak dengan tipsnya? karena terkadang mata orang lebih jeli menilai dari diri sendiri. Ditunggu balasannya ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah... sudah main kok. :) Ukurannya sudah sesuai sebagaimana blogger lainnya. Tetep semangat ta membangun konten yang berkualitas! :))

      Hapus
  37. Hmmm aku si gak gitu pentingin pengunjung :p tulis gitu aja, mau baca ya baca, enggak ya udah. hahaha

    BalasHapus

Posting Komentar

When you leave a footstep, you've connected our link :)){}

Postingan Populer