NGENEST: Ngetawain Hidup Ala Ernest


Judul buku: NGENEST: Ngetawain Hidup Ala Ernest
Penulis: Ernest Prakasa
Tebal dan jumlah halaman: 14 x 20 cm, 170 hal
Penerbit: Rak Buku
Cetakan dan tahun terbit: Cetakan I, 2013
Rating: 

Cover Belakang Buku:
Dibanding bokap, keluarga nyokap gue tuh lebih original Cinanya. Gaya ngomongnya masih totok banget. Bagi mereka, gak ada istilah “kami” atau “kalian”. Adanya adalah “gua orang” dan “lu orang”. Kesannya insecure banget ya? Gue juga tau kalo kita semua ini orang, bukan ubur-ubur. (Diambil dari bab “Woy Cina!”)
Di banyak mall di Jakarta, ada petugas lift. Padahal siapa sih yang gak mampu mengoperasikan lift? Kalo mau ke lantai 3, kan tinggal cari tombol angka “3”. Simpel. Kecuali tulisan di tombolnya bukan “3”, tapi lebih rumit. Misalnya “1/2 x √36”.
Lagian gue belum pernah baca ada headline koran semacam ini:
“GAGAL MENEMUKAN LANTAI TIGA, SEORANG REMAJA TERJEBAK SELAMA DUA HARI DI DALAM LIFT MALL TAMAN NAGREK” (Diambil dari bab “Jakarta Dikepung!”)

***
Bisa jadi buku format personal literature masih populer ya sampai saat ini. Namun untuk mencari yang benar-benar tidak garing itu amatlah susah. Beruntung buku ini menyajikan humor yang tak basi, ceplas-ceplos adanya karena sang penulis sendiri merupakan comic ternama.

Bila anda pernah membaca karya Raditya Dika, maka seperti itulah genre buku ini. Ada 23 bab yang berkisah mengenai kehidupan sehari-hari, opini ngawur, fakta nyeleneh dan beragam hal gak jelas lainnya dari Ernest. Semuanya dituturkan dengan gaya bahasa anak muda yang ringan dan amat mudah dicerna.

Karena Ernest merupakan seorang pribumi keturunan Cina, maka beberapa topik yang diangkat pun tak jauh mengenai soal ras-nya seperti bab Woy, Cina!, Koh Ahok Jagoanku, Menjadi Minoritas, serta Imlek, Dahulu dan Kini. Selain itu, topik pribadinya bersama keluarga juga diceritakan dengan gaya yang asyik. Satu lagi yang super, Ernest tak sungkan-sungkan memasukkan sedikit topik seks yang biasanya tabu untuk dibahas. Namun dengan pemolesan tertentu dan tidak bertujuan sebagai tindak pornografi memang. Contohnya di bab Tabu.

“Dok, sebenernya keperawanan itu hilangnya dengan cara apa dok? Kalo anunya masuk tapi cuma setengah, tetep perawan ga?”
“Masuk tapi cuma setengah”? Pertama-tama, dia tau darimana kalo itu masuk setengah, bukan seperempat atau dua pertiga? Kedua, YA MENURUT LO?! Tapi yang bikin gue takjub adalah, si Mawar ini nanya serius, emang keliatan beneran penasaran, bukan lagi pengen bikin dokternya bĂȘte. (hal. 59)

Layout buku ini amat menarik. Tiap bab ada ilustrasi kartun yang kocak dan sesuai dengan isi bab. Sehingga para pembaca merasa terhibur dua kali, dari segi aksara maupun grafis.
Ilustrasi bab 'Menjadi Minoritas'
Dari 23 bab yang ada, saya memfavoritkan judul bab Koh Ahok Jagoanku. Di situ Ernest lancar banget menuliskan gagasan idolanya dan humornya yang sederhana sudah bikin saya cekikikan. Selain itu, ide-ide konyolnya bisa dikategorikan sebagai inovasi yang nyeleneh. Selain itu, ada bab Umi, Sang Babysitter. Kisahnya benar-benar kocak, dari sisi Ernest sebagai majikan yang merasa babysitternya merupakan salah satu keunikan dunia.

Meski secara keseluruhan bagus, ada hal yang menurut saya tidak pas. Bila buku ini bersifat full komedi, menampung kisah yang mengundang tawa 75%, tulisan yang berjudul Air Susu Ibu dan Tatoku rasanya membuat daftar bab buku ini jadi kurang konsisten. Bab Air Susu Ibu berkisah tentang pengalamannya sebagai salah satu founder sebuah gerakan bernama ‘Inisiatif Ayah ASI Indonesia’, sedangkan Tatoku seperti curhatan biasa dan kurang menggugah selera. Meski dikemas penuh humor, unsurnya masih belum sampai 75%.

But at least, buku-buku ini bener-bener menghibur. Cocok untuk mengisi waktu luang maupun selingan di sela-sela aktivitas yang bikin puyeng. Happy reading!
After finishing! :)

Komentar

  1. emang bukunya lucu sih.. tapi lebih lucu lg kalo ndengerin Ernest waktu stand up :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, jelas laah. Kalo itu mah udah terbukti.. :p

      Hapus

Posting Komentar

When you leave a footstep, you've connected our link :)){}

Postingan Populer